Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Adakan Fun Walk, Langkah Kowani Menekan Jumlah Kematian Ibu Melahirkan

Nextgradio.com - Meningkatnya jumlah kematian ibu melahirkan di Indonesia agaknya sudah menjadi problematika serius yang harus segera dibanahi pada sektor pemberdayaan perempuan di Indonesia. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Giwo Rubianto pada acara Fun Walk dan Belly Danxercise di kantor KOWANI dibilangan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/12).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa hasil survey demografi kesehatan Indonesia tahun 2012 menunjukkan semakin meningkatnya Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia. “Di Indonesia itu kurang lebih 359 kematian ibu melahirkan, per 100 ribu kelahiran hidup, dan ini perlu penanganan serius dari semua pihak,” terang Giwo saat ditemui Nextgradio beberapa waktu lalu.

Sebagai bentuk tindakan mendukung penurunan jumlah angka kematian ibu, Kongres Wanita Indonesia yang bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) kemudian Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI), Klikdokter.com dan juga Prenagen mengadakan Fun Walk dan Belly Danxercise. .

Ia pun mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan angka kematian ibu melahirkan terus meningkat antara lain, malnutrisi, infeksi, terlalu sering melahirkan,terlalu tua melahirkan,terlalu muda melahirkan, terlambat mengambil keputusan,terlambat dibawa ke fasilitas, terlambat dibawa pertolongan dan lainnya.

KOWANI sebagai wadah perkumpulan wanita di Indomesia. mengambil kesempatan pada bulan Desember yang merupakan momentum tepat Peringatan Hari Ibu. Karena agenda meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan ibu hamil dan melahirkan selaras dengan tema Peringatan Hari Ibu ke-87 Tahun 2015,

Giwo Rubianto juga berharap ke depan banyak para ibu yang bisa berperan lebih banyak lagi untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan setelah acara ini,"saat ini semua pihak berupaya keras menurunkan angka kematian ibu dengan berbagai cara, Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki dalam mewujudkan Lingkungan yang Kondusif untuk Perlindungan Perempuan dan Anak, Untuk itu tak hanya dibutuhkan peran wanita untuk merealisasikan penurunan angka kematian para ibu di indonesia tapi semua lapisan masyarakat dan semua pihak,” harap Giwo.

Cecez 2016-12-20