Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Agung: Raup Omset Puluhan Juta Perbulan Lewat Usaha Takso Semar

Nextgradio.com - Meretas karir dengan menjadi seorang sales di bidang property sebuah perusaahan ternama, nyatanya tak membuat Agung puas. Meski saat itu karirnya terbilang gemilang, namun jiwa entrepreneur dalam dirinya terus saja bergejolak. Hingga akhirnya Agung memutuskan untuk resign dan mencoba untuk terjun sebagai seorang pengusaha.

Awal Karir

Tahun 2014 adalah langkah awal dirinya menjadi seorang pengusaha kuliner. Usaha pertama yang dirintisnya adalah bisnis kue kering dan kue basah. Namun, karenan terbentur urusan pengiriman, bisnis perdananya ini hanya mampu bertahan beberapa bulan saja.

“Karena tekstur Kue Kering yang saya buat rapuh dan Kue Basahnya tanpa pengawet, maka ketika sampai ke tangan pelanggan yang jaraknya jauh bentuk Kue Keringnya sering kali sudah hancur, atau Kue Basahnya basi. Karena itulah saya terpaksa menghentikan usaha tersebut,” kisah Agung saat di temui Nextgradio.com beberapa waktu lalu.

Meski demikian, ia tak putus asa demi menggapai sebuah kesuksesan, sering kali ide cemerlang yang out of the box sering kali muncul ketika dia mengalami kegagalan. Itulah yang terjadi padanya, gagal menjakan bisnis Kue Kering dan Kue Basah mendorongnya untuk menciptakan produk makanan yang mampu bertahan lama dan tidak mudah rusak ketika didistribukan.

Hingga akhirnya, ia menemukan ide untuk memproduksi kudapan asal Semarang yaitu Tahu Bakso dalam bentuk beku. Selain lebih awet dan aman saat diantar ke tangan konsumen, makanan beku homemade ini juga cukup diminati pasar karenan lebih efisien dan praktis, serta lebih sehat dibandingkan produk racikan pabrik besar.

“Kebetulan, istri saya berasal dari Semarang, Jawa Tengah, dan cukup familiar dengan Tahu Bakso. Jadi, saya makin semangat memilih produk berbasis tahu kulit ini sebagai lahan bisnis. Apalagi ketika itu pelaku usaha yang menawarkan produk sejenis dengan kualitas bermutu masing sangat langka,” papar pria Asal Cepu, Jawa Tengah ini.

Promosi Via Online

Agung mengungkapkan bermodalkan Rp 5 juta ia memantabkan diri untuk memulai usaha ini. sebagian besar dialokasikan untuk membeli peralatan usaha terutama Frezzer sebagai tempat penyimpanan.

 “Sejak awal kepikiran membuka usaha Tahu Bakso, saya memang tidak ingin mengarah pada Tahu Bakso kelas gerobakan. Karena di samping pesaingnya sudah terlalu banyak, saya juga ingin menawarkan sesuatu yang berbeda namun tetap dibutuhkan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Agung, untuk mengangkat brand Takso Semar, selain memasarkan memalui media internet dan mengandalkan pesanan via online, dirinya juga sangat aktif mengikuti berbagai macam bazar baik yang digelar di area perkantoran ataupun perumahan. Bahkan bisa dibilang saat ini hampir setiap hari dirinya mengikuti Bazar, seperti Bazar di Bank Indonesia, Bazar di kantor Pertamina Pusat dan Bazar di Mal Alam Sutera, Tangerang.

Berbagai pengembangan terus dilakukan Agung, salah satunya dengan membuat beberapa varian Tahu Bakso yang terinspirasi dari saran para konsumen. Hingga kini Takso Semar telah menawarkan tiga varian, yakni Takso Original, Takso Rina atau Tahu Bakso Ikan Tenggiri dan Tuna, dan Takso V atau Tahu Bakso Vegetarian.

Tahu Bakso Vegetarian bukan hanya cocok untuk kaum vegan atau mereka yang tengah diet ketat, tapi juga pas bagi konsumen yang alergi ikan atau seafood. karena bahan bakunya 100% sayuran dan tanpa bahan hewani,” ucap Agung. 

Dirinya juga berani menjamin bila Tahu Bakso buatan tangan dinginnya ini aman dan sehat untuk dikonsumsi, karena dibuat dari bahan yang fresh dan tanpa MSG ataupun bahan pengawet. Dalam proses pembuatannya, Agung lebih mengedapankan perpaduan bumbu seperti bawang putih, garam dan gula sehingga tahu baksonya memberikan cita rasa gurih setelah dikukus ataupun digoreng.

Meski produk olahannya ini baru memasuki satu tahun, namun bisnisnya ini telah mampu mengubah nasibnya dan mengantarnya menjadi seorang jutawan.

Dari hasil penjualan aneka produk Tahu Baksonya baik melalui pesenan via Online, Reseller atau bazar, Agung telah berhasil meraup keuntungan rata-rata sebesar Rp 2 Juta per hari.

 “Pada moment-moment tertentu seperti Natal atau bulan Ramadhan, Alhamdulillah penjualan Takso Semar bisa meroket hingga 10 kali lipat,” ungkap Agung penuh syukur.

Meski tak bisa lepas dari kendala atau masalah lain, Agung selalu menyakini bila tiap usaha yang dijalankan dengan sungguh-sungguh akan memberikan efek positif. Agung pun memiliki beberapa kunci khusus untuk meraih kesuksesan. Diantaranya keberanian untuk mencoba, kemauan untuk berusaha dan impian untuk lebih maju.

“Dengan ketiga modal tersebut, seberat apapun rintangan yang dihadapi pasti akan mendapatkan jalan keluar, sehingga usaha yang kita rintisi bisa berhasil dan sesuai harapan,” tutur Agung.

 

Info Lebih Lanjut Hubungi:

Griya Takso

Jl. Otista Raya Gg Mandor, Perumahan Olivia Residence Blok E no 1

Ciputat, Tangerang Selatan    

Tlp.:   0857 7918  0103

WA:   0858 1140 3101

PIN BB  :  588AE2C4

 

Cecez 2017-01-11