Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Sempat Kena Tipu, Kini Punya 4 Outlet Distro

Nextgradio.com - Bisnis clothing di Indonesia dewasa ini kian menjamur, semua ini adalah hilir dari permintaan pasar akan sebuah fashion style yang kekinian. Hal ini jelas memunculkan brand – brand clothing mulai bermunculan, salah satunya adalah Orkids.

Brand yang mengedapankan fesyen khusus anak-anak ini kian eksis semenjak berdiri pada tahun 2010 silam. Diceritakan oleh Delfitra, Semua itu berawal dari sulitnya mencarikan pakaian untuk anaknya agar terlihat fesyenable seperti dirinya. 

“waktu itu saya merasa kesulitan mencari pakaian untuk anak saya,  akhirnya kami buat sendiri, awalnya untuk anak sendiri dan akhirnya saya coba tawarkan ke teman, keluarga dan ke masyarakat umum. Ternyata responnya positif terhadap barang produksi saya ini,” tuturnya saat ditemui Nextgradio.com di bilangan Kemayoran, Jakarta Utara.

Lebih lanjut, aku Delfitra, bahwa permintaan akan produknya kian meningkat seiring kebutuhan orang tua yang ingin melihat anaknya tidak ketinggalan zaman. Darisanalah, akhirnya ia memutuskan untuk fokus bergelut di bisnis clothing khusus anak-anak ini. 

Bermodal tekad yang kuat karena melihat ada peluang emas pada bisnis clothingan ini kedepannya, Delfitra akhirnya memberanikan diri untuk terjun di bisnis ini. 

“Memang diawal itu modal kita itu adalah modal keberanian dan untuk modal secara financial itu sangat minim. Ternyata semangat untuk bekerja keras meski modal sedikit nyata masih agak sulit ketika menjalani bisnis ini. Bukan hanya kreatifitas dan ide, bekal lain yaitu ilmu memilih bahan yang baik, memilih alat produksi hingga memilih pekerjanya.  Dan sampai saat ini pun saya tetap belajar untuk hal-hal seperti itu. Dan saya terus update perkembangan yang terbaru terkait bisnis saya ini,” tutunya lugas. 

Menurutnya, dalam membangun bisnis clothing ini nyatanya tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Penuh peluh dan derai air mata dalam membangun bisnis ini tetap eksis hingga 7 tahun.  Pernah ditipu disaat bisnisnya sedang lesu adalah hal yang tak pernah dilupakan dalam perjalanan karirnya menjadi seorang pelaku usaha dibidang fesyen. 

“Waktu itu, pernah kita menjalin kerja sama dengan salah satu vendor ternyata kita dibohongin padahal saat itu penjualan sedang lesu dan ketika ditawari bekerjasama karena melihat saat itu momentnya pas mendekati bulan ramadhan kita ambil tapi ternyata kita di bohongi,” kenang Delfitra.

Namun, hal ini tak membuatnya kapok dalam berbisnis, hal ini justru menjadi cambuk baginya untuk tetap semangat dan hal tersebut dijadikan sebagai pembelajaran olehnya agar lebih berhati-hati lagi. 

“Tidaklah, kalau kapok saya tidak akan bisa seperti ini, kejadian tersebut bukan membuat saya mundur malah membuat saya semakin maju dan terus berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan,” tuturnya penuh semangat. 

Delfitra mengungkapkan kondisi ekonomi negara yang tidak stabil nyatanya tidak terlalu berpengaruh terhadap bisnis clothinginnya tersebut.

” kondisi seperti ini memang kita sangat merasakan sekali pasang surutnya dalam berbisnis seperti ini. Namun, inilah hebatnya Orkids, sebab saya tidak merasakan kesulitan yang cukup berarti. Sebab gini, Orkids ini hadir karena kebutuhan, kebutuhan orang tua terhadap anaknya. Dan produk ini sangat dibutuhkan oleh anak dan anak itu menjadi yang nomor satu untuk orang tuanya,” tuturnya.

Saat ini, Orkids sendiri sudah memiliki empat cabang yang pertama itu di ITC Kuningan, Jakarta Selatan, kemudian di Kalimalang, Jakarta Timur, terus ada juga di Rawa Belong, Jakarta Barat dan terakhir ada di Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Kedepan, Delfitra berharap agar Orkids bisa Go International.” Kita sedang mencari partner untuk bekerja sama mengembang bisnis clothing ini. Kemudian yang terpenting adalah kita ingin produk Orkids ini Go International. Untuk mencapai kesana tetap kita butuh support dari masyarakat, media dan juga pemerintah,” katanya tersenyum .

Cecez 2017-05-07