Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Dr.Dewi Sotya: Cegah Penuaan Dini Dengan Rutin Konsumsi Buah dan Olahraga

Nextgradio.com - Mencegah penuaan dini seyogyanya dilakukan sejak usia remaja hingga dewasa. Banyak cara agar kulit menjadi terawat dan terhindar dari penuaan dini. kesibukan dan keterbatasan waktu, banyak pria ataupun wanita melupakan perawatan kulit secara rutin. Hal ini semakin diperparah lagi dengan stress pekerjaan dan kurang tidur akan mempercepat terjadinya penuaan dini pada kulit. 

Padahal gaya hidup sehat mempunyai manfaat yang sangat banyak, selain untuk mencegah penuaan, juga dapat mempercepat pemulihan jerawat serta flek bekasnya, dan cara mengatasi kulit kusam. Perawatan kulit tidak hanya sebatas untuk membersihkan wajah. Tapi banyak hal lain dalam perawatan  kulit yang harus dilakukan sejak usia muda, agar wajah senantiasa tampak muda dalam waktu lama.

Dikatakan oleh dr.Dewi Sotya Wardhani, bahwa banyak cara untuk  mencegah terjadinya proses penuaan dini. Jaga pola makan, istirahat teratur, hindari merokok, konsumsi buah dan sayur yang teratur dan rutin olahraga adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi percepatan proses penuaan dini. 

“jaga pola makan, diusahakan agar setengah dari porsi makanan yang dikonsumsi itu memilik kandungan serat, kemudian barulah karbohidrat dan juga protein. Dan yang terpenting adalah olahraga. Olahraga ini minimal dilakukan dua kali dalam seminggu dengan durasi kurang lebih 45 menit. Ini dimaksudkan sebagai proses detoksifkasi untuk memproduksi hormon endorphin atau hormon happy. Kemudian yang pola istirahat, supaya bisa menghindari stress. Selanjutnya adalah buat mindset kita untuk selalu berfikir positif, dan yang terpenting juga adalah kurangi makanan yang yang menggunakan zat-zat tidak penting seperti  penyedap, perasa dan pengawet dan kembali untuk mengkonsumsi makanan yang alami,” ungkap ibu tiga orang ini saat ditemui diacara Seminar ‘Be Healthy Be Happy & Love Your Beauty’ dibilangan Cipete, Jakarta Selatan, Sabtu (13/05/2017).

Lebih lanjut, terang dr.Sotya, untuk tetap berhati-hati dalam memilih sayur dan buah yang ingin dikonsumsi, dan disarankan untuk selalu dicuci bersih dahulu sebelum di konsumsi atau diolah. Pasalnya, saat ini banyak buah dan sayur yang disemprotkan pestisida guna terhindar dari serangan hama dan terlihat lebih fresh, namun justrus hal tersebut sangat membahayakan untuk manusia apabila buah tersebut dikonsumsi. 

“Saya menganjurkan untuk makan makanan yang sifatnya organic. Misal sayur-sayuran dan buah-buahan dan yang terpenting adalah dari semua itu harus yang kandungan pestisidanya rendah. kita juga bisa tahu dari seberapa banyak, lalat atau fauna lainnya yang hinggap di sayur itu, semakin sedikit lalat yang hinggap maka semakin besar kandungan pestisida pada sayur tersebut,” jelas wanit yang gemar olahraga lari ini.

Dr.Sotya juga berpesan untuk mengurangi konsumsi protein yang terlalu berlebih.” kita harus tahu bagaimana cara memilih asupan protein untuk dikonsumsi seperti ayam, telur, daging sapi, atau lainnya. Sebab, saat ini Indonesia sudah darurat Resistansi Antibiotik, kenapa bisa seperti itu, sebab antibiotik itu sudah disuntikkan kepada hewan ternak. Misal kita makan martabak telor, dari satu makan aja itu sudah terdiri dari telor dan daging yang keduanya sudah ada antibiotiknya, darisanalah kita sudah mengetahui bahwa tubuh kita ini butuh yang namanya detoksitas dengan cara berolahraga,” pungkas dokter cantik ini.

Cecez 2017-05-16