Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Wayan Suantika: Hadirkan Metode SUMMA, Gabungan Antara Pendidikan Akademis dan Pikiran Bawah Sadar

Nextgradio.com - Memiliki putra-putri yang sukses di sekolah dengan nilai yang memuaskan adalah idaman setiap orang tua. Karena itu tidak heran bila saat ini kehadir lebaga bimbingan belajar menjadi suatu kebutuhan yang banyak dicari.  

Adalah SUMMA Education Centre salah satu lembaga bimbingan belajar yang hadir dengan konsep yang berbeda. Dirintis Wayan Suantika, seorang pengusaha muda yang juga pendiri Yayasan Dana Abadi Bali, SUMMA Education Centre memberikan konsep bimbingan belajar yang lain dari bimbel pada umumnya.

Ketika banyak bimbel hadir dengan metode dan konsep pendidikan yang berkonsentrasi pada teknik memecahkan soal ujian, SUMMA Education Centre mencoba mengkombinasikan berbagai teknik bimbingan belajar konvensional (yang lebih menekankan pada bimbingan akademis) dengan metode aktivasi subconscius mind (pikiran bawah sadar).

Metode SUMMA. Di negara maju seperti Amerika dan negara-negara Barat pada umumnya, penggunaan dan pengembangan pikiran bawah sadar dalam proses pembelajaran sudah digunakan sejak era 80an dan terus ditingkatkan seiring dengan berkembangnya teknologi pikiran (mind technology) saat ini. Melihat hal tersebut, Wayan yang juga alumnus Indonesian Hypnosis Centre dan telah bersertifikasi sebagai  hypnotherapist dan trainer ini membuat metode SUMMA (Subconscious Mind Activation).

Metode SUMMA yang bertumpu pada aktivasi pikiran bawah sadar peserta didik pada proses pembelajaran. “Jadi disini, kita bukan hanya mendorong kepintaran anak tapi juga mendorong pikiran bawah sadar anak sehingga mereka lebih berkarakter,” ungkap pemuda 28 tahun ini.

Berbagai kegiatan yang dilakukan siswa SUMMA Education Centre antara lain kegiatan Visualisasi selama 15 menit dimana siswa menonton video tentang hal-hal yang mengandung nilai moral dan motivasi tinggi. Kegiatan Pembahasan selama 30 menit, disini siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan materi atau tugas yang belum dipahami di sekolah. Kegiatan Pendalaman selama 30 menit, dimana siswa diberikan materi tambahan yang sesui dengan kurikulum yang disusun oleh lembaga. Dan 15 menit kegiatan Afirmasi, disini siswa diberikan penanaman nilai-nilai positif dengan mengkondisikan siswa dalam keadaan tenang dan santai yang bisa membantu siswa untuk berprilaku positif dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai kombinasi kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kreatifitas serta motivasi belajar, berkembangnya citra diri dan nilai positif, tertanamnya kebiasaan-kebiasaan positif, terbentuknya karakter yang kuat dan positif, serta terciptanya pola keyakinan dalam diri. “Jadi mereka dapat belajar tanpa tekanan, sehingga dapat berpengaruh pada hasil yang positif baik dari nilai maupun karakternya,” Ungkap pria lulusan S2 Hubungan International Universitas Airlangga, Surabaya ini.

Walaupun baru dirintis sejak 20 Mei 2017 lalu, namun tanggapan dan respon para orang tua tehadap SUMMA Education Centre sangat positif. Banyak orang tua yang memiliki anak usia 5-12 tahun mempercayakan Putra-Putri mereka pada SUMMA Education Centre. Diungkapkan Wayan, walau merupakan metode baru namun para orang tua sudah banyak yang merasakannya salah satunya semangat belajar putra-putri mereka yang meningkat sehingga memberikan nilai positif bagi sang anak.

Bagi para orang tua yang ingin putra-putrinya bergabung, SUMMA Education Centre memberikan harga sesuai jumlah pertemuan. Untuk 1x pertemuan Rp 50 ribu/orang (private), Rp 30 ribu per orang (semi) yang terdiri 2-3 orang serta Rp 20 ribu/orang (group) mulai dari 4-5 anak. Sedangkan untuk 8x pertemuan biayanya sebesar Rp 375 ribu/orang (private), RP 225 ribu/orang (semi) dan Rp 150 ribu/orang (Group).

Putra dari I Made Budiada dan Ni Ketut Budianing ini sadar bahwa perjalanan SUMMA Education Centre baru dimulai. Namun dengan sesuatu yang berbeda dan niat yang kuat dalam melatih anak agar menjadi pribadi yang kuat secara mental, moral dan kecerdasan intelektual, Wayan optimis SUMMA Education Centre bisa terus berkembang. Bahkan ia juga optimis dalam waktu dekat selain di perumahan Dalung Indah, SUMMA Education Centre akan bisa membuka beberapa cabang lainnya dan menjadi sebuah Sekolah yang terintegrasi.

 

Cecez 2017-07-06