Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Hardini Puspasari: “Proses Tidak Pernah Membohongi Hasil...” Bag I

Nextgradio.com - Cantik dan cerdas merupakan hal yang paling sempurna bagi seorang wanita. Namun, tidak semua perempuan mampu memadukannya dalam sebuah bisnis. Dialah, Hardini Puspasari yang berhasil memadukan penampilan dan kecerdasannya dalam membangun bisnis dibidang komunikasi bernama Inmark Communication. Penuh peluh dan air mata dalam proses menuju puncak karir pun pernah dirasakan olehnya. Lantas, seperti apa kisahnya, kepada Nextgradio.com ibu dua orang anak ini bercerita?

 

Memutuskan untuk meniti karir sebagai seorang Pebisnis, apa yang mendasari anda untuk terjun kesana?

Ayah saya adalah seorang kontraktor dan bu saya adalah supplier engineer,  keduanya memang enterprenuer banget. Ayah sayalah yang banyak mengajarkan saya tentang keorganisisasian, karena sudah terbiasa berorganisasi sejak dini, sehingga membuat pribadi saya lebih percaya diri dan kritis. Kenapa demikian karena ketika kita terjun ke organisasi mau tidak mau wawasan dan pikiran kita itu terbuka, lalu kita dapat ilmu itu setiap hari. Dari berorganisasi ini saya sadar bahwa yang dibutuhkan orang untuk mencapai sebuah keberhasilan itu ada dua, pertama itu hubungan kita dengan sang pencipta dan kedua adalah hubungan kita dengan sesama manusia. Selain itu, Ayah saya pernah bilang bahwa wanita itu harus sudah sukses di usia 45 tahun karena setelah menginjak usia 45 tahun tapi kamu belum sukses kamu akan berat menjalani hidup ini dan untuk laki-laki itu umur 50 tahun .Itulah yang saya pegang sampai saat ini, karena tidak ada tangga naik terus, karena tangga itu pasti ada masa turunnya.

Lantas, seperti apa orang tua membentuk karakter anda?

Saya didik orang tua itu dengan selalu berkomunikasi dan sampai saat ini saya pun juga menerapkan hal itu kepada anak-anak saya. Sebab gini, mereka itu harus dekat dengan saya, saya harus bisa menjadi sahabat, saya juga bisa menjadi teman, kenapa karena saya harus dekat dengan mereka, kalau mau dekat dengan mereka dan mereka harus tahu saya. Dan ayah saya itu selalu berkomunikasi dengan saya menasehati, mengarahkan, sebab tidak bisa kalau tidak berkomunikasi seorang anak itu bisa sukses. Karena ayah saya itu adalah mentor saya, sebab guru pertama yang terbaik itu adalah orang tua dan memang dari kecil yang kita lihat dan contoh itu adalah mereka orang tua kita. Kenapa saya bilang komunikasi itu penting khususnya kepada anak, jadi anak itu tidak ada batasan dengan kita, anak bisa cerita apa saja dengan kita, lebih baik mereka curhat sama saya sebagai orang tua daripada mereka curhat dengan orang lain atau didunia luar yang akhirnya mereka terjerumus.

Hal lain yang perlu diketahui bahwa hidup didalam keluarga yang selalu berorganisasi itu ternyata berdampak yang sangat luar biasa, karena ternyata keberhasilan seseorang itu, tidak dinilai dengan uang yang dimilikinya, tapi seberapa banyak atau besar manfaat yang bisa dia berikan kepada orang banyak. Karena hidup itu tidak melulu materi, makan dan tidur, tapi bagaimana kita bisa memberikan manfaat pada orang lain. Nilai-nilai luar biasa itulah yang dari kecil itu biasa ditanamkan oleh kedua orang tua saya bahwa hidup itu harus bermanfaat. Dan setiap langkah saya yang saya lakukan itu insyallah tidak ada yang tidak positif.

Seperti apa anda memulai semua usaha yang anda jalani saat ini?

Jelas tidak mudah. Di awal saya sangat sulit mendapatkan pinjaman untuk mengembangkan usaha. Punya modal terbatas, diputar tapi belum cepat bisa balik untuk proyek berikutnya

Kapan tepatnya anda memulai merintis usaha ini?

Kalau PT.Inmark Communication sendiri itu, semenjak saya keluar dari kementerian perekonomian tepatnya pada tahun 2006.

Saat ini lebih kurang ada 6 anak perusahaan dibahwa naungan PT. Inmark Communication, apa saja yang anda kerja saat ini?

Saya ini adalah konsultan komunikasi, saya juga menggarap event seminar, workshop atau pameran dan project pemerintahan lainnya. Selain itu, yang sedang berlangsung dan dijalani saat ini adalah investasi infrastruktur, ini yang sedang kita jalani. Sebab gini, saat ini pemerintah indonesia sudah tidak punya cukup dana untuk membangun pembangunan infrastruktur. Dijaman pemerintahan bapak Jokowi program kerja yang sedang berjalan adalah proyek strategis nasional, sesuai dengan perpres no.3  tahun 2016 itu terdapat 225 proyek strategis nasional yang dicanangkan oleh Bapak Jokowi. Didalamnya itu terdapat proyek infrastruktur jalan tol, kemudian kawasan zona ekonomi seperti Pelabuhan dan Airport dan masih banyak lagi list lainnya didalam 225 proyek tersebut. Dari sana itu dibutuhkan investasi dana kurang lebih sebesar 6.000 Triliyun. Namun, sampai saat ini hingga lima tahun kedepan itu tidak memiliki uang yang cukup untuk membangun infrastruktur strategis tersebut. Karena pemerintah kita itu hanya punya kurang lebih 1.500 Triliyun jelas defisitnya masih banyak sekali. 

Lantas, apa korelasi antara bisnis yang anda geluti saat ini dengan proyek yang anda jalani saat ini?

Jelas ini adalah kesempatan bagi sektor swasta untuk Private Sector Participation untuk membantu pemerintah dalam hal membangun infrastruktur dengan sekma kerja sama pemerintah dan swasta sesuai dengan Perpres no.38 tahun 2015, disana ada 19 sektor yang bisa dikerjasamakan antara pemerintah dan swasta. Saat ini saya lagi senang banget membantu daerah didalam proyek strategis nasional yang terdapat inpact didalamnya terhadap ekonomi untuk dibiayai, sebab pemerintah kita itu tidak punya cukup dana. Jadi kita sebagai warga negara yang baik itu harus punya kreatifitas untuk membantu negara dalam proses pembangunan. Untungnya background saya selain pengusaha saya juga tergabung di komite percepatan penyediaan infrastruktur pemerintah (KPPIP), ini dibentuk ketika jamannya presiden Soeharto tapi komite ini sampai saat ini masih ada. Dan kita berada dibawah naungan Kementerian Kordinator Perekonomian Indonesia dan Bappenas. Dulu memang selain pengusaha, saya juga individual consultant di KPPIP sebagai Communication Coordinate. Darisanalah saya memahami betul KERJASAMA PEMERINTAH DENGAN BADAN USAHA  KPBU di Indonesia. Kendala dan Peluangnya itu saya paham betul.

Darisanalah saya melihat bahwa negara ini butuh sekali diberikan inspirasi untuk membangun negara ini melalui kerja sama publik, karena kalau bukan sektor swasta yang membantu pemerintah minta tolong siapa lagi, masa kita harus berpangku tangan dengan orang luar terus. Dan saat ini, saya sedang mengkampanyekan bagaimana project ini, sebelumnya pemerintah itu ada macam project pertama itu proyek yang direncanakan oleh pemerintah contohnya itu yang ada perpresnya sesuai dengan perpres nomor 3 tahun 2016. Kemudian yang kedua adalah proyek yang inisiatifnya itu datang dari swasta. Dengan adanya otonomi seperti ini makanya dalam pidatonya presiden selalu menyebut untuk semua daerah itu harus punya insiatif dan kreatifitas, karena itu yang sangat dibutuhkan indonesia saat ini yaitu inovasi dan kreatifitas. Sebab, kita sudah tidak bisa mengandalkan proyek-proyek itu dari APBN ataupun APBD. Dan itulah kegiatan saya saat ini, dalam bidang investasi infrastruktur di nasional ataui di regional dengan sekma tadi.  Dan ini adalah sebuah tantangan yang luar biasa buat saya,. 

Cecez 2017-10-21