Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Indriana Jahanto: Cintai Diri Sendiri, Barulah Cintai Orang Lain (Bag I)

Nextgradio.com - Selalu bahagia merupakan sumber kecantikan natural bagi setiap wanita. Begitulah prinsip hidup yang selalu dipegang oleh pelaku usaha dibidang kecantikan, Indriana Jahanto dalam menjalani kehidupannya.  Rasa syukur atas anugerah kehidupan yang dimiliki saat ini dia buktikan dengan selalu menjaga kesehatan dan merawat kecantikan. Hal ini pun menjadi alasan akhirnya ia membuka VLD Salon & Treatment  agar semua wanita juga peduli terhadap kesehatan tubuh dan perawatan kecantikan. Lantas, seperti apa ibu tiga orang anak ini mewujudkan mimpi besarnya tersebut?

 

Apa yang mendasari anda akhirnya terjun ke dunia bisnis, khususnya bisnis di bidang kecantikan?

Semua ini berawal dari hobi saya yang suka sekali merawat diri dan sejak duduk dibangku sekolah dasar itu saya sudah diajarkan untuk selalu merawat diri oleh ibu dan nenek saya. Selain itu, support dari suami saya yang menyarankan agar saya menekuni bidang kecantikan dan buka salon sendiri.

Saya ini adalah tipe orang yang sangat aktif dan pekerja kerja keras, jadi dulu sebelum saya menikah itu saya sudah bekerja. Saya dulu adalah seorang business manager  di salah satu perusahaan swasta selama kurang lebih 15 tahun, setelah saya keluar dari sana dan fokus menjadi ibu rumah tangga, ternyata saya yang bingung sendiri karena terbiasa beraktifitas sekarang setelah selesai urusan rumah tangganya tidak ada aktifitas yang lain. Berbekal support keluarga dan pengalaman saya manage sebuah bisnis akhirnya saya memberanikan diri untuk terjun ke bisnis di bidang kecantikan ini.

Mulai dari tahun berapa bisnis dibidang kecantikan ini anda tekuni?

Mulainya itu awal tahun 2015                                                                              

Bisa diceritakan, seperti perjuangan anda mendirikan bisnis dibidang kecantikan ini? Adakah pengalaman apa yang tidak pernah anda lupakan hingga saat ini?

Manis dan pahit dalam menjalani bisnis itu jelas ada, pernah ditipu oleh partner bisnis saya sendiri pada saat-saat awal saya mulai merintis usaha ini adalah momen yang tidak pernah bisa saya lupakan dan menurut saya itu adalah pelajaran berharga sekali bagi saya.

Lantas, apakah itu membuat anda menjadi trauma untuk menjalin kerja sama dengan orang lain?

Jujur sampai saat ini memang saya masih sangat trauma dan takut sekali untuk menjalin kerja sama dengan orang lain dan memilih untuk single fighter dalam menjalankan bisnis ini. Namun, tidak menutup kemungkinan kedepannya kalau memang saya sudah siap untuk menjalin kerja sama, kenapa tidak.

Kondisi ekonomi yang kian hari semakin tidak bersahabat membuat tingkat daya beli masyarakat cenderung menurun, bagaimana cara anda untuk tetap survive menjalani usaha ini?

Jelas,  tetap memberikan pelayanan yang maksimal  dan terbaik adalah hal yang selalu saya tekankan kepada semua pegawai saya.  Hal lain yang mungkin menjadi daya tarik adalah saya selalu menerapkan kepada semua pegawai saya itu untuk selalu menjadi pendengar yang baik dan pemberi solusi yang baik juga.

Biasanya, apa tujuan mereka (Customer) dateng ke salon?

Biasanya mereka yang dateng ke salon ini itu tujuannya tidak lain adalah untuk mempercantik diri, kadang kala salon ini adalah tempat mereka untuk menghilangkan kepenatan dalam hidup mereka.

Pernah mendapati customer yang permintaannya aneh-aneh? Misal minta dipermak seperti artis dll.

Pernah, bahkan dia itu datang ke salon saya dan menunjukkan foto dan minta kita membuatnya cantik seperti yang ada difoto tersebut. Kadang saya meresa bingung, sebab kecantikan seseorang itu jelas beda-beda. Untuk itulah, sering kali saya kasih pemahaman kepada customer saya bahwa dia sudah cukup cantik dengan penampilannya saat ini.

Kalau masalahnya seperti itu saya selalu bicara diawal sebab hal itu berbeda banget dan saya diawal sudah tekankan kepada customer saya itu bahwa salon ini menyediakan treatment atau perawatan bukan operasi plastik. Dan saya juga melakukan tindakan sesuai dengan kemampuan yang saya miliki.

Jadi saya tidak langsung melakukan tindakan, saya pasti ajak mereka konsultasi dulu dan benar saja dari proses konsultasi itu akhrinya keluar semua unek-unek mereka. Misalnya seperti wanita karir, mereka itu ingin terlihat lebih fresh karena lelah dalam beraktifitas. Ada lagi ibu rumah tangga yang mulai di protes oleh suaminya atau mulai kurang diperhatiin, untuk masalah ini saya selalu tanya, ‘rutin melakukan perawatan diri ngga, seperti cuci muka, lulur atau make up kalau dirumah? Atau malah lebih sering pake daster dan bau dapur lagi?’ untuk masalah yang seperti itu, saya selalu menyarankan untuk saya selalu bilang kasihlah yang terbaik misal ketika menyambut suami dirumah itu minimal pakai pakaian yang rapih dan enak dipandang, pasti suami akan senang. Hal lain yaitu selalu merawat diri misal melakukan treatment RF (Radio Frekuensi) agar kulit kencang, kemudian selalu pakai krim malam dan pagi agar kulit tetap cerah dan rutin cuci muka agar kulit tetap bersih.

Memang pasang pasar usaha anda ini siapa?

Pasang pasar kita diusia 15 – 30 tahun, remaja mengarah dewasa.

Untuk mereka yang masih remaja, biasanya apa saja keluhan mereka hingga akhirnya melakukan treatment disalon ini?

Kebanyakan dari mereka itu melakukan perawatan rambut

Anak remaja sudah barang tentu banyak permintaannya, seperti apa anda menanggapinya?

Justru ini adalah challange buat kami, tapi kami selalu memberi pemahaman dan saran sebelum kami melakukan treatment ataupun hal lainnya. Tak jarang mereka menolak dengan saran atau masukan dari kami, tapi kami tetap memberikan pemahaman bahwa nantinya akan seperti apa hasilnya.

Cantik menurut anda seperti apa?

Kalau kita selalu happy dan fresh pasti itu akan terlihat cantik. Jadi sebenarnya cantik itu datangnya dari diri kita sendiri, maksudnya adalah kalau kita cinta tubuh kita sendiri atau kita selalu merawat tubuh kita sendiri itu pasti akan terlihat cantik alami dan orang senang melihatnya

Apakah perawatan tubuh itu penting?

Sebenarnya perawatan itu penting bahkan penting sekali, karena ngga mungkin kita seketika jadi cantik, memang kita di kasih kecantikan dari sang pencipta tapi kalau tidak dirawat misal tidak rajin cuci muka, tidak pake sunblock flek-flek itu pasti akan keluar, Jadi rajin-rajinlah merawat diri. Sekarang  banyak wanita ingin sekali cantik tapi merawat dirinya sendiri aja tidak mau. Dan saya selalu sampaikan kepada semua customer saya saat mereka melakukan treatment agar selalu merawat diri.

Terlihat cantik ala Indriana Jahanto seperti apa?

Sebenarnya menjadi cantik itu mudah dan simple yang terpenting itu individu masing-masing mau atau tidak untuk menjadi cantik. Yang paling penting bagi wanita itu adalah rajin cuci muka, biasanya kalau pagi itu kita setiap bangun tidur itu gosok gigi, nah untuk wanita itu gosok gigi dan cuci muka pakai facial foam apapun jenis dan brandnya. Terus malam hari sebelum istirahat malam juga cuci muka lagi dan saya yakin tidak akan jerawatan karena saya melakukan itu dan merasakan khasiatnya.

Hal lain yang biasa saya lakukan itu adalah sebulan sekali itu melakukan Facial untuk mengencangkan kulit wajah, kemudian saya seminggu dua kali melakukan RF, hal ini dilakukan untuk melancarkan peredaran daran di wajah. Dan penggunaan krim pagi, malam dan sunblock itu adalah perawatan kulit yang harus dan wajib hukumnya kita lakukan setiap hari bagi wanita. Sekalipun profesinya hanyalah seorang ibu rumah tangga tetap saja terkena paparan sinar matahari. Selain itu, biasanya juga saya luluran sebulan satu kali. Menurut saya semua ini dilakukan bukan lain adalah untuk merefresh tubuh kita agar kembali segar dan awet muda. Dan tidak menutup kemungkinan orang akan senang melihatnya terutama suami kita bagi mereka yang sudah berumah tangga. 

Cecez 2018-05-18