Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Mengenang Alan Rickman (1946-2016)

Vampiresound.com, Kamis, 14 Januari lalu, dunia kehilangan lagi salah satu aktor berbakatnya ketika aktor Inggris Alan Rickman, tutup usia di umur 69 tahun karena sakit kanker yang dideritanya. Para fans Harry Potter di seluruh dunia berduka karna telah kehilangan guru Potions favorite mereka. 

 

Hampir seluruh berita dan fanpage Harry Potter, atau yang lebih dikenal sebagai fandom, di Facebook, dan Twitter serentak mengungkapkan belasungkawanya, baik melalui ucapan-ucapan, foto-foto yang berisikan kutipan-kutipan Alan Rickman, atau dengan memposting foto-foto mereka yang sedang mengangkat tongkat sihir mereka ke atas.

 

            Alan Rickman tidak hanya dikenal sebagai Profesor Snape saja tapi beliau juga sudah membintangi segudang film-film terkenal, meskipun sebagian besar dia berperan sebagai tokoh antagonis atau sebagai supporting actor. Film-film tersebut antara lain seperti yang telah dikutip oleh IDNtimes.com berikut ini:

1.      Die Hard (1988) ~ Hans Gruber

Pertama kali saya mengenal sosok seorang Alan Rickman adalah sewaktu beliau berperan sebagai Hans Gruber, pemimpin teroris dari Jerman yang berusaha membajak hotel Nakatomi, di mana ketika itu John McLane (Bruce Willis) sedang mengunjungi istrinya, Holly yang bekerja di gedung tersebut. John berusaha menyelamatkan Holly dan merebut kembali para sandera dari tangan Hans.

2.      Robin Hood: Prince of Thieves (1991) ~ Sherrif of Nottingham

Di film Robin Hood yang di bintangi oleh Kevin Costner ini, Rickman berperan sebagai Sheriff of Nottingham, musuh bebuyutan Robin.

3.      Sense and Sensibility (1995) ~ Colonel Brandon

4.      Michael Collins (1996) ~ Eamon de Valera

5.      Dogma Great Moments ~ Metatron

6.      Galaxy Quest (1999) ~ Alexander Dane

7.      Love Actually (2003) ~ Harry

8.      Something the Lord Made (2004) ~ Alfred Blalock

9.      Hitchhiker’s Guide to the Galaxy (2005) ~ Marvin (pengisi suara)

10.  Sweeny Todd (2007) ~ Judge Turpin

11.  Bottle Shock (2008) ~ Steven Spurrier

12.  Alice in Wonderland (2010) ~ Absolem/Blue Caterpillar (pengisi suara)

Rickman berperan dalam film garapan Tim Burton dan menjadi lawan main Johnny Depp (Mad Hatter) dan Helena Bonham Carter (Red Queen).

13.  CBGB (2013) ~ Hilly Kristal

14.  Alice in Wonderland: Through the Looking Glass (2016) ~ Absolem/Blue Caterpillar

Film sekuel Alice in Wonderland yang akan di rilis di bulan maret tahun ini adalah film terakhir dimana kita bisa mendengar suara Rickman untuk terakhir kalinya sebagai Absolem dan juga film terakhir di mana Rickman bisa bekerja sama dengan sutradara Tim Burton serta dua sahabatnya Johnny Depp dan Helena Bonham Carter.

 

Proffessor Severus Snape

Alan Rickman adalah satu dari sedikit aktor watak senior yang mampu menghidupkan karakter seperti Proffesor Severus Snape, seorang tokoh yang tadinya dianggap antagonis menjadi tokoh yang dikagumi dan disegani, tidak dibenci seperti karakter antagonis lainnya. Pada awal kemunculannya di film perdana Harry Potter and the Sorcerers’ Stone, Proffesor Snape memberi kesan guru killer yang tidak suka akan kehadiran Harry Potter di kelasnya, dan sejak hari itu pun sang proffessor selalu menatap mata Harry dengan pandangan aneh dan mengejeknya.

 

Namun seiiring perkembangan cerita kita mengetahui bahwa ada alasannya kenapa proffessor Snape merasa sentimen sama Harry, yaitu karena Harry begitu mirip dengan ayahnya, James Potter, yang dahulu adalah rivalnya Snape dalam mendapatkan cinta ibu Harry, Lily Potter. Kemudian dijelaskan alasan mengapa Snape selalu menatap Harry dalam-dalam, yaitu karena Harry mewarisi mata hijau ibunya, mata yang dulu Snape selalu kagumi dari Lily, dan hanya karna melihat mata Harry itulah Snape diam-diam selalu ada ada di sekitar Harry untuk melindungi dan menolong Harry dengan caranya sendiri.

 

Meskipun Snape terlihat seperti pengikut Lord Voldermort paling setia, namun dia adalah seorang double agent, alias mata-mata Dumbledore, dan dialah sang Half-Blood Prince, karena berayah wizard dan beribu muggleborn. Sejak kecil dia dekat dengan Lily Evans (Lily Potter) dan diam-diam mencintainya. Namun ketika mereka sekolah di Hogwarts, Snape masuk ke Slytherin sementara Lily masuk Gryffindor dan berkenalan dengan James Potter serta kawan-kawannya Remus Lupin, Sirius Black dan Peter Pettigrew yang selalu membully Snape. Sejak Snape masuk Slytherin dia jadi tergoda dengan dark arts dan membuatnya jauh dari Lily yang tidak setuju dengan jalan yang dipilih Snape dan lebih memilih James sebagai pendampingnya.

 

Tapi Snape tak pernah berhenti mencintai Lily bahkan hingga akhir hayatnya ketika Hogwarts berhasil dikuasai oleh Lord Voldermort, dan cintanya kepada Lily itulah yang membedakan dia dari Death Eaters atau anak buah Voldermort yang lain, sampai-sampai ketika ditanya oleh proffessor Dumbledore “Setelah bertahun-tahun ini kamu masih mencintai Lily?” dan dia menjawab “Always...”

Rest In Peace, Proffessor Snape...

Sumber: IDNtimes.com, The Collective Intelligence fan page 

Janey 2016-01-28