Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Virus Zika Menghebohkan Dunia! Indonesia harus Waspada..

Vampiresound.com, Kehebohan ini semakin bertambah mengingat bulan Agustus mendatang Brazil akan menjadi tuan rumah olimpiade. Bahkan ketua tim olimpiade Australia mengkhawatirkan bahwa para atlit yang ikut dalam olimpiade Agustus mendatang di Brazil akan terancam jika pemerintah Brazil tidak mengambil tindakan untuk melindungi para atlit  yang berlaga di olimpiade nanti.

Pihak WHO telah memberikan peringatan bagi orang yang akan bepergian ke 22 negara yang dianggap rawan sebagai penyebaran virus ini. 22 negara yang dianggap rawan terhadap wabah virus Zika ini umumnya terletak di Amerika Latin dan Karibia. Negara yang telah dinyatakan memiliki kasus epidemik virus Zika ini adalah : Bolivia, Ekuador, Guetemala, Paraguai, Venezuela, Barbados dan Meksiko.

Peringatan perjalanan, khususnya bagi ibu hamil, terutama untuk kawasan Amerika Latin dan Karibia. Ibu hamil yang tertular virus Zika dikhawatirkan akan melahirkan bayi dengan mikrosefali yaitu ukuran kepala kecil karena bagian otaknya tidak berkembang. 

CDC memperingatkan wanita hamil untuk menunda perjalanan ke sejumlah daerah tersebut karena khawatir penyebaran virus Zika. Semua wisatawan yang berada di daerah itu juga diminta lebih waspada. Mereka disarankan mengenakan baju lengan panjang dan memakai losion antinyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk. 

Virus Zika dipercaya menjadi penyebab lahirnya bayi dengan mikrosefali, yaitu kepala yang sangat kecil dan perkembangan otak abnormal. Penelitian masih dilakukan untuk memastikan apakah mikrosefali disebabkan oleh infeksi virus Zika. 

                                                    
Gejala dari infeksi Zika antara lain Demam, Ruam, hingga Nyeri Sendi. Akan tetapi kebanyakan orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala. Jika muncul gejala, CDC meminta masyarakat untuk segera periksa ke dokter dan memberitahu riwayat petjalanan. Kekhawatiran pemerintah AS itu cukup berasalan karena saat ini sekitar lima orang di Amerika Serikat sudah terinfeksi virus Zika. Sebelumnya, lebih dari 2.700 bayi di Brasil dilaporkan lahir dengan mikrosefali pada tahun 2015. Jumlah ini meningkat drastis dibanding tahun 2014, yaitu hanya sekitar 150 kasus.

Sumber : Kompasiana.com , Kompas.com

Ellen 2016-01-29