Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Romansa Kahitna: 30 Tahun Berkarya Penuh Cinta

Vampiresound.com, 24 Juni 1986, tiga dekade yang lalu, lahirlah sebuah grup band Kahitna, yang memadukan unsur jazz, pop, fusion, latin dan etnik dalam musikya dan hingga saat ini tetap menjadi salah satu band ternama pelantun lagu-lagu bertemakan cinta dalam berbagai bentuk, situasi dan kondisi.

 

Dari lagu tentang jatuh cinta (Andai Dia Tahu), cinta sepihak (Cinta Sendiri, Soulmate), cinta sepasang kekasih (Cerita Cinta, Setahun Kemarin), cinta segitiga (Aku, Dirimu, Dirinya; Tentang Diriku) kesetiaan cinta (Suami Terbaik, Tak Mampu Mendua), cinta kepada ibunda (Seputih Melati), cinta tanah air (Pemuda), galau karna cinta (Cinta Sudah Lewat, Takkan Terganti, Mantan Terindah), cinta jarak jauh (Seandianya Aku Bisa Terbang), cinta beda agama (Engga Ngerti), bahagia karna cinta (Cantik, Untukku, Bintang),  melamar (Tak Seindah Merpati) dan menikah karna cinta (Menikahimu), lengkap semua di dalam lirik lagu-lagu Kahitna yang sederhana namun tidak pasaran, dan membuat semua Soulmatenya menghayati lagu karena serupa dengan kisah yang pernah atau sedang mereka alami.

 

Kahitna sendiri namanya diambil dari bahasa Philipina yang artinya “meskipun demikian,” yang kemudian di pelesetkan dengan di tambahi awalan Ka dan akhiran Na ala bahasa Sunda mejadi Kahitna yang artinya nu ngehits na atau yang paling hits . 

Mengawali kisahnya sebagai band festival, band ini awalnya bernama Indonesia 6, didirikan oleh sang leader Yovie Widianto (music director, keyboard) dengan Ruth Sahanaya sebagai vokalisnya. 

Dikarenakan adanya perbedaan idealisme, Yovie lalu melepaskan diri dan membentuk Kahitna dengan Trie Utami sebagai vokalisnya.

 

Tahun 1994 dengan berpersonilkan 9 orang yaitu Hedi Yunus, Carlo Saba, Ronni Waluya (vocal), Yovie Widianto (keyboard dan piano), Doddy Is (bass), Andrie Bayuadjie (gitar), Harry Suhardiman (perkusi), Budiana (drums), Damius Bambang Purwanto (keyboard 2), Kahitna merilis album perdana mereka, Cerita Cinta dengan hits Cerita Cinta. Tahun 1996 Ronni Waluya mengundurkan diri dan Kahitna merilis album kedua (Kahitna II/Cantik, 1996) hingga kelima dengan 8 personelnya.

 

Di tahun 2003, Yovie merekrut Mario Ginanjar sebagai vokalis termuda Kahitna yang memberi warna dan penampilan baru dalam musik serta performance Kahitna melalui album keenamnya Cinta Sudah Lewat, dengan single Cinta Sudah Lewat, Tentang Diriku, dan Tak Mampu Mendua.

 

30 tahun sudah Kahitna terus berkarya dalam industri musik Indonesia dan dunia dan semua lagunya masih tetap di sukai oleh semua kalangan. 

Menyambut usia ke 30 tahun, pada tanggal 13 Februari 2016 Kahitna akan menggelar konser “Kahitna 30th Anniversary Love Festival” dan sekaligus akan merilis album dan single baru dalam konser yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta dan dimeriahkan oleh musisi-musisi seperti  adalah Titi DJ, Tulus, Raisa, Isyana Sarasvati, RAN, Maliq and D'Essentials, HIVI, Kunto Aji, Yura Yunita, Teza Sumendra, Project Pop, The Overtunes, The Groove, Rini Wulandari, Jevin Julian, B3, Soulvibe, 5 Romeo dan Laid This Nite serta Mike's tersebut.

 

Dikutip dari storibriti.com, Yovie tidak menyangka bahwa Kahitna bisa sampai di usia 30 tahun.

 

"Kami sejujurnya tak menyangka bisa sampai ke umur 30 tahun. Band ini lahir pada saat umur kami masih 18 tahun ketika baru lulus SMA. Dan, sampai hari ini masih ada. Masih dengan teman-teman yang sama, manajer yang sama, dan krunya juga masih sama."

"Kahitna bukan lagi seperti perusahaan besar, tapi sebuah anugerah. Kami terus melewati masa-masa pendewasaaan. Dari umur kami masih 20 tahun dan sekarang hampir 50 tahun. Banyak cerita menariknya. Yang pasti, usia makin dewasa tapi semangat kami membuat musik masih sama seperti kami menggarap album pertama. Yang berubah hanya bentuk badan personelnya. Dari yang dulu kurus-kurus dan sekarang lebar semua," ujar Yovie sambil tertawa.

 

Menngenai konser Kahitna 30th Anniversary Love Festival, serta album barunya Kahitna, Yovie menambahkan:

"Beli tiket super show bisa lihat semua. Lalu paling menyenangkan kita setelah lima tahun nggak keluarin album dan di hari itu kita akan launching album baru. Ada lagu-lagu baru jadi showcase berikutnya ada lagu-lagu baru. Album baru judulnya Rahasia Cinta Kahitna, dan single baru judulnya Rahasia Cintaku," ujar Yovie.

 

Mengenai larisnya tiket konser yang terjual habis, Yovie menambahkan:

"Bagi kami sebuah kebahagiaan tersendiri, di JCC berarti 5 ribuan tiket. Dan yang unik, audience yang pesan tiket pre-sale bisa mendapatkan CDnya. Bagi pemegang tiket lain bisa membeli CD Kahitna di tempat festival. Dan yang nggak datang, nanti enam bulan di tengah tahun sekitar bulan Juni secara massal baru diedarkan. Jadi lima sampai tujuh ribu orang di venue yang bisa membeli duluan," tutup Yovie Widianto.

 

Diskografi:

-          Kompilasi 10 Bintang Nusantara 2 (1989), single Adakah Dia

-          Cerita Cinta (1994)

-          Kahitna II/Cantik (1996)

-          Sampai Nanti (1998)

-          Permaisuriku (2000)

-          The Best of Kahitna (2002)

-          Cinta Sudah Lewat (2003)

-          Soulmate (2006)

-          Lebih Dari Sekedar Cantik (2010)

-          Cerita Cinta: 25 Tahun Kahitna (2011)

-          Rahasia Cinta Kahitna (2016)

Sumber: storibriti.com, kompasiana.com, music.detikhot.com

Janey 2016-02-15