Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

10 Alasan Menyehatkan Untuk Makan Coklat, Chocoholic Wajib Tau!

Nextgradio.com, Coklat adalah makanan lezat yang banyak digemari segala usia dan dapat dinikmati dalam segala suasana. Banyak mitos yang mengatakan bahwa makan coklat itu cuma menambah berat badan. Eits, belum tentu, karna ternyata nih, menurut cosmopolitan.co.uk, makan coklat, terutama dark chocolate, yang mengandung 70% coklat padat, tanpa minyak sayur tambahan serta mengandung kacang, banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita lho!

 

Berikut manfaatnya bagi kesehatan yang bisa menambah alasan kita untuk makan coklat:

 

1.      Coklat dapat menenangkan perasaan kita

Sebuah penelitian di Swiss menemukan bahwa dengan memakan 40 gram dark chocolate setiap harinya dapat menurunkan level stress yang ditimbulkan oleh hormon cortisol. Jadi kalau merasa stress tinggal makan dark chocolate deh, obat enak, yummy!

 

2.      Dark chocolate atau milk chocolate yang mengandung bubuk coklat tinggi serta dilapisi kacang adalah makanan modern yang praktis dan menyehatkan. Semakin banyak coklat dan semakin sedikit gulanya, akan membuat kita semakin cepat kenyang, sementara kacang yang terkandung didalamnya akan menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh. Jadi kkita dapat menikmati cemilan favorite tanpa harus mengkhawatirkan beban kalorinya.

3.      Coklat dapat meningkatkan konsentrasi kita

Dengan memakan dark chocolate yang pekat dapat melancarkan peredaran darah ke tempat tertentu dalam tubuh kita, meningkatkan konsentrasi serta performa kita selama tiga jam ke depan.

 

4.      Coklat dapat membantu mencegah kanker

Tingginya kadar level antioksidan polyphenol yang terkandung dalam dark chocolate dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas; para pakar biologi  dari Universitas London King’s mengatakan bahwa kita perlu meminum 17 gelas jus jeruk untuk mendapatkan efek yang sama yang terdapat dalam 50 gram dark chocholate.

 

5.      Coklat dapat dijadikan pengganti obat batuk.

Dark chocholate kaya akan zat theobromine, yang dapat menahan aktifitas syaraf vagus penyebab batuk seekfektif seperti codeine, namun tidak menyebabkan kantuk.

6.      Coklat dapat membantu mencegah penyakit jantung

Penelitian terhadap 31.000 wanita selama sembilan tahun di Swedia menemukan bahwa dengan memakan satu atau dua hidangan dark chocolate setiap minggunya dapat menurunkan resiko penyakit cardiovascular atau penyakit jantung sampai sepertiganya. Ini dikarnakan kandungan anti-infammatory-nya serta karna kandungan flavanoidnya yang tinggi atau sejenis super antioksidan yang sangat kuat.

 

7.      Dark chocolate dapat mebuat kita berhenti mengemil

Serat tinggi yang terkandung dalam dark chocolate membuatnya lebih mengenyangkan dan memuaskan daripada milk chocolate, hingga dapat mencegah kita untuk makan cemilain lain dengan kalori yg lebih tinggi.

8.      Bagi kalian yang mempunyai diabetes pun bisa lho makan coklat.

Tidak hanya coklat khusus untuk penderita diabetes, tetapi juga semua coklat yang mengandung kadar coklat yag tinggi serta kadar gula yang rendah (terutama coklat asli serta coklat yang mengandung kacang bergizi), selama dikonsumsinya setelah makan. Karena zat nictric oxide yang berfungsi untuk mengatur kadar sensitivitas insulin ditingkatkan oleh flavanoids dalam coklat.

 

9.      Coklat bisa meningkatkan stamina

Coklat dapat meningkan performa kita dalam bentuk lain. Kaisar bangsa Aztec, Montezuma, dikenal sering meminum coklat sebagai aphrodisiac demi ke 25 istrinya.

 

10.  Makan coklat dapat menghibur mood kita

Dengan diam diam makan coklat di sore hari dapat meningkatkan kadar level serorotin, yaitu hormon yang dapat membuat kita merasa senang sehingga mood kita dalam menghadapi hari akan menjadi lebih baik.

Sumber: cosmopolitan.co.uk

Janey 2016-03-26