Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Review Buku: Menjelajahi Dunia Disutopia Dalam Serial Divergent

Nextgradio.com, Buku itu bagaikan “pintu kemana saja”nya Doraemon, karena lewat buku, terutama buku novel fiksi, kita bisa menjelajahi berbagai macam tempat dan dunia dengan berbagai macam cerita di dalamnya. Novel fiksi yang akhir-akhir ini menjadi populer dikalangan remaja dewasa dan banyak diadaptasi ke dalam film trilogi adalah buku fiksi berseri yang dikategorikan sebagai novel serial ilmiah bertemakan “disutopia”, salah satunya adalah novel serial trilogi Divergent karya Veronica Roth, yang film ketiganya Allegiant telah ditayangkan tanggal 18 Maret lalu. Apa sih sebenarnya tema “disutopia” itu?

 

Istilah “disutopia” adalah kebalikan dari “utopia”, yaitu jika masyarakat “utopia” adalah dunia dengan masyarakat yang sempurna, di mana manusia hidup dengan harmonis baik dengan sesamanya maupun dengan alam semesta.  Maka masyarakat “disutopia” adalah dunia imaginasi yang digambarkan sedang mengalami kehancuran, terjangkit oleh penyakit, penuh korupsi, dan rakyatnya diliputi oleh ketakutan. Para pemimpinnya kejam dan rakyatnya harus hidup dengan segala keterbatasan sumber daya, dalam ketidakbahagiaan serta kesengsaraan yang harus selalu dialami disetiap harinya.

 

Veronica Roth menggambarkan ke-disutopia-an dalam novel fiksi ilmiahnya, Divergent melalui sang tokoh utamanya Beatrice Prior, seorang remaja yang tinggal di kota Chicago masa depan yang daerah dan masyarakatnya dikelompokkan berdasarkan lima faksi. Setiap sektor faksi mewakili nilai tertentu yang telah disetujui dan dijunjung tinggi oleh anggota masyarakatnya. Nilai-nilai tersebut adalah kejujuran yang dijunjung tinggi oleh faksi Candor, keberanian  oleh faksi Dauntless, ketulusan dan ketidakegoisan oleh faksi Abnegation, kedamaian oleh faksi Amity dan kecerdasan intelektual oleh faksi Erudite. Dan ada pula sektor faksi ke lima yang tidak menjunjung ilai manapun, alias faksi yang terbuang yaitu the Factionless alias tanpa faksi.

 

Buku serial Divergent terbagi menjadi tiga buku utama plus satu buku yang berisi cerita-cerita tambahan, keempat buku tersebut antara lain adalah:

 

1.    Divergent (2011)

Dalam buku pertama ini diceritakan Beatrice Prior mencapai umur 16 tahun, umur dimana dia dan semua remaja berumur 16 tahun lainnya harus memilih untuk masuk ke faksi mana mereka harus mendedikasikan diri dan hidup mereka, melalu inisiasi faksi yang telah mereka pilih. Beatrice yang dilahirkan sebagai seorang Abnegation, faksi yang terkenal kaku, biasa, sederhana, suka menolong dengan tulus dan tidak egois; dihadapkan oleh sebuah pilihan, untuk memilih faksi yang telah dialaminya sejak lahir bersama kedua orang tuanya, atau faksi baru yang belum dikenalnya. Beatrice yang merasa dirinya tidak setulus warga Abnegation lainnya dan masih merasa egois, merasa tdak cocok berada di sektor Abnegation dan berniat untuk pindah ke faksi Dauntless untuk para pemberani. Namun ketika di tes melalui simulasi, hasil uji Beatrice beragam, ia lolos ke 3 faksi: Abnegation, Dauntless dan Erudite, dan Tori yang mengujinya menyarankan agar Beatrice merahasiakan hasilnya karna Beatrice termasuk Divergent, yaitu yang memiliki peluang untuk masuk dalam multiple faksi. Saat hari inisiasi Beatrice dan saudaranya Caleb masing-masing memilih faksi baru, Caleb memilih Erudite dan Beatrice memilih Dauntless. Lalu dimulailah hari-hari Beatrice sebagai calon inisiasi Dauntless, dari latihan loncat ke kereta yang bergerak, terjun bebas ke markas Dauntless dan disambut oleh uluran tangan si pelatih nan ganteng, Four, yang mengatakan bahwa ia dapat memilih nama baru dan Beatrice kemudian menjadi Tris; serta hari-hari Tris berlatih untuk menjadi prajurit Dauntless. Tris kemudian mengetahui bahwa dunia mereka sedang berada di ambang kehancuran karena Janine dan seluruh faksi Erudite berusaha mengambil alih dan menguasai kelima faksi. Tris dan Four lalu berusaha menyelamatkan faksi Abnegation dan Dauntless dari ancaman Janine.

 

2.      Insurgent (2012)

Setelah menyelamatkan warga Abnegation dan melepaskan para  Dauntless dari pengaruh serum milik Janine, Tris, Four/Tobias dan kawan-kawan yang menjadi buronan Erudite, kemudian mengungsi ke sektor Amity yang cinta damai. Di sana Tris dibayangi oleh rasa bersalahnya karena tidak sengaja membunuh temannya Will yang juga kekasih Christina, sahabatnya. Hubungannya dengan Four serta persahabatannya dengan Christina pun mendapat cobaan ketika Tris harus mengakui perasaan bersalahnya terhadap Will. Tris lalu berusaha menyelamatkan dirinya serta orang-orang di sekitarnya dari ancaman Janine sambil dihantui oleh keraguan terhadap kedukaan dan pengampunan, identitas dan kesetiaan, serta politik dan cinta.

 

3.      Allegiant (2013)

“One choice will define you”, satu pilihan akan mengartikanmu.

Bagaimana jika seluruh kehidupanmu hanyalah sebuah kebohongan semata? Bagaimana jika hanya dengan satu pilihan saja dapat mengubah segalanya? Bagaimana jika cinta dan kesetiaan dapat membuatmu melakukan hal yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya?

Dinarasikan dari dua sudut pandang yang berbeda oleh Tris dan Tobias, buku seri ketiga dari Divergent series ini menceritakna mengenai perjuangan mereka dalam menghadapi rumitnya sifat asli manusia, termasuk diri mereka sendiri, serta dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit untuk diambil dalam hal keberanian, keberpihakkan, pengorbanan dan cinta.

 

4.      Four: A Divergent Collection (2014)

Buku tambahan dari serial Divergent ini merupakan prequel dari trilogi Divergent sebelumnya. Jika Divergent dan Insurgent diceritakan dari sudut pandang Tris, dan Allegiant dari sudut pandang Tris dan Tobias, maka di buku ini akan diceritakan dari sudut pandang Tobias. Buku ini akan menjelaskan kehidupannya dari sejak ia masih kecil hingga bertemu dengan Tris yang akan mengubah hidupnya.  

Buku ini terbagi menjadi empat cerita pendek, tiga cerita pertama —"The Transfer," "The Initiate," dan "The Son" yang menceritakan perjalanan Tobias dari seorang kelahiran Abnegation menjadi seorang Dauntless bernama Four, masa-masa pelantikan Dautless-nya, dan ketika dia menemukan petunjuk bahwa para petinggi dari dua faksi sedang merencanakan sesuatu. Cerita keempat yaitu “The Traitor” beralur paralel dengan cerita Divergent, membuat pembacanya merasakan bagaimana seorang Tobias mengambil keputusan antara kesetiaan dan cinta yang harus dijalaninnya setelah bertemu dengan Tris Prior. Buku ini juga memasukkan tiga adegan tambahan dalam Divergent yang diceritakan dari sudut pandang seorang Tobias.

Sumber: bookseriesinorder.com, amazon.com, en.wikipedia.org.

Janey 2016-03-30