Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Daniel Mutaqien, Seorang Family Man Yang Sayang Keluarga

Nextgradio.com, Daniel Mutaqien Syafiuddin, ST atau yg lebih dikenal sebagai Daniel MSy (35), adalah seorang anggota Dewan DPR RI periode 2014-2016, dari fraksi Golongan Karya, Dapil Jawa Barat VIII yang meliputi daerah Kabupaten/Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu. Ia juga seorang suami serta ayah dari 3 anak.

 

Saat ditemui NG Radio di Gedung Nusantara 1, lantai 6 Fraksi Golkar, beberapa hari lalu, Daniel menceritakan bagaimana ia bisa terjun kedalam dunia politik serta bagaimana pendidikan dari dalam rumah bisa membentuk karakter seorang Daniel Mutaqien hingga menjadi seorang politikus handal.

 

Daniel lahir 30 September 1981, 35 tahun lalu di Indramayu, Jawa Barat, sebagai anak kedua dari tiga bersaudara sekaligus anak lelaki satu-satunya dari bapak Irianto MS Syafiuddin dan ibu Anna Sophanah. Sejak kecil Daniel sudah dibiasakan untuk mandiri, bersekolah di SD dan SMP di Indramayu dan setelah lulus SMP, dirinya mencoba untuk hidup mandiri jauh dari keluarga dengan merantau ke Yogyakarta untuk bersekolah SMA dan kuliah di sana.

Sejak SMA, pria yang akrab disapa Kang Daniel ini sudah bergabung menjadi anggota organisasi di sekolahnya yang berlanjut hingga kuliah. Ketertarikan serta keaktifannya dalam kegiatan berorganisasi tersebut terus berlanjut hingga ia masuk ke dalam organisasi dan partai politik Golkar dan kemudian diberi kepercayaan oleh kelembagaan partai Golkar untuk mencalonkan diri, awalnya dari DPRD Propinsi Jawa Barat selama 1 periode, dan kini untuk periode 2014-2016 ditugaskan di pusat, di DPR-RI.

 

Di antara ia dan kedua saudara perempuannya, hanya ia yang tertarik dengan dunia politik, mengikuti jejak orang tua mereka. Kesuksesan Daniel dalam pekerjaannya sebagai anggota dewan, tidak luput dari dukungan dan support dari keluarga, yaitu istri dan anak-anaknya.

Dikatakan olehnya, bahwa Sang istri sedari masa pacaran sudah mengetahui bahwa suaminya senang berorganisasi dan berteman dengan orang banyak, serta suka melakukan kegiatan di luar rumah, sangat mengerti dan mendukung pekerjannya.

Begitu juga dengan anak-anaknya, walaupun terkadang jika melihat teman-temannya yang diantar jemput oleh ayah mereka, anak-anak suka protes ke ayahnya yang mereka panggil yanda, karena ingin di antar jemput tiap hari juga oleh yanda-nya.

Lebih lanjut, disela-sela kesibukannya Daniel selalu berusaha untuk menyempatkan diri untuk mengantar jemput anak-anak semampunya meskipun tidak bisa setiap saat. Dan saat weekend anak-anak terkadang ingin menghabiskan waktu dengan yanda-nya seperti yang dilakukan oleh teman-teman mereka, namun yanda-nya suka pergi kerja.

Dalam satu minggu, Daniel berusaha sebisa mungkin untuk menghabiskan waktu weekend bersama istri dan anak-anak. Namun jika sibuk karena ada urusan pekerjaan, makan akan ditebus di minggu berikutnya, dengan mengajak anak-anak ke pusat perbelanjaan atau melakukan kegiatan outdoor seperti ngebolang dan berpetualang jika waktunya lebih memungkinkan.

Daniel sedang berlibur bersama istri dan anak-anak

 

Diakui olehnya, sesibuk apapun dirinya masih menyempatkan diri untuk melakukan me-timenya dengan melakukan kegiatan adventure motor trail di event-event adventure trail yang diadakan di Jawa Barat dan sekitarnya.

 

Selain dari pekerjaannya sebagai wakil rakyat, seorang suami dan seorang ayah, ia juga punya sisi lain seorang Daniel ketika sedang tidak berada di ruangan atau ketika sedang melepaskan baju sebagai angota dewannya. Sisi lain itu salah satunya adalah bahwa Daniel juga mempunyai jiwa seni, yaitu seni musik, yang sempat ditekuninya, meskipun hanya sekedar hobby. Saat ketika masih SMA, dirinya sempat membentuk sebuah band dan ia menjadi seorang drummer di band tersebut. Dirinya mengaku bahwa ia adalah seorang Slanker (fans dari Band Slank) dan waktu lagu-lagu Slank lah yang dimainkan.

Dikatakan olehnya, dia masih senang mendengarkan music, meskipun sekarang cederung bergeser ke genre musik pop top 40. Ia bersama sang istri juga suka menonton konser para penyanyi dalam negeri, terakhir dirinya beserta istri pergi nonton konser Trio Lestari di Bandung beberapa waktu lalu.

 

 

Selain bermain musik dan menonton konser musik, Daniel juga hobby nonton di bioskop. Genre favoritenya adalah film action, yang ditontonnya bersama sang istri, ketika anak-anak sudah tidur. Namun jika menonton bersama keluarga, mereka menonton film kartun, antara lain Finding Dori.

Untuk mensiasati hobi bersama sang istri, mereka biasanya menghabisakan waktu berdua dengan makan bareng, menonton konser dan nonton film di bioskop setelah ketiga anaknya terlelap tidur.

 

 Salah satu hal yang terpenting, selain dukungan dari keluarga demi kesuksesan karier seorang Daniel, adalah doa dari keluarga. Ketika Daniel pertama kali dilantik menjadi angota dewan, ayah Daniel, Irianto MS Syafiuddin atau yang akrab disapa Yance, berpesan bahwa ‘Ketika di dunia politik ini, kaki kanan dan kaki kiri sudah berada di dunia yg berbeda. Kalau kamu salah langkah sedikit pasti kamu akan jatuh ke dalam jurang permasalahan, masalah hukum. Tapi kalau kamu jalan di bener ya kaki kanan kamu akan berada di dunia yang bener, jalan yang bener.’ Maksudnya, pada awal ketika Daniel terjun ke dunia politik, yang pertama disampaikan oleh ke dua orang tua serta istrinya adalah agar Daniel berhati-hati dalam mengambil kebijakan, dan dalam mengambil tindakan apapun.

 

Sebagai salah satu wakil dari para pemuda di DPR-RI, Daniel berpesan pada teman-teman pemuda untuk tidak antipati terhadap politik: ‘Harapan saya untuk temen2 muda semuanya untuk tidak antipati terhadap dunia politik, karena ketika berbicara negara demokrasi, negara republik, ini pasti tidak akan terlepas dari dunia politik. Karena dunia ini sebenarnya kalau dijalankan dengan baik akan menjadi baik, dan ketika dunia ini tidak dijalankan dengan baik, tentu saja tidak menjadi baik. jadi harapan kita ya pengen dari 560 anggota DPR-RI ini, kalau bisa semuanya anak muda semua, yang memiliki idealisme yang tinggi yang memiliki keinginan bahwa negara ini baik dan tidaknya ya harus menjadi tanggung jawab bersama, terutama anak-anak muda gitu,’

 

Sumber foto: Facebook page

Janey 2016-07-28