Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Ini Tanggapan KOWANI Soal Wacana Full Day School

Nextgradio.com - Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Muhadjir Effendy melempar gagasan soal full day school atau sekolah sehari penuh bagi siswa SD dan SMP, yang kemudian menuai kontroversi. Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Giwo Rubianto menilai bahwa hal tersebut harus dikaji kembali secara komprehensif.

"Kebijakan full day school perlu dikaji secara komprehensif, apalagi rencana tersebut akan diberlakukan secara massif di Indonesia. Model full day scholl sejatinya bias kebutuhan masyarakat perkotaan. Sekolah dengan presfektif kota, tidak dapat diberlakukan secara massif di Indonesia. Karena masyarakat Indonesia sarat dengan keberagaman sehingga perlu presfektif kebijakan pendidikan yang 'mengakomodas keberagaman' bukan 'penyeragaman'", tutur Giwo yang ditemui dibilangan Sudirman, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Dikatakan olehnya, bahwa ganti menteri tidak harus ganti kebijakan dan jangan jadi generasi muda Indonesia ini sebagai obyek percobaan.

" meski ganti menteri, tidak harus ganti kebijakan juga kan. Indonesia memang harus memiliki ' politik pendidikan' sebagai pilar untuk pembangunan peradaban generasi masa depan yangberkualitas, namun demikian 'pendidikan bukan gim politik' karna akan mencederai sistem pendidikan. Kalau ini yang terjadi, anak Indonesia hanya sebatas sebagai obyek percobaan, yang tak pernah selesai," tegasnya.

Menurutnya, yang di perbaiki adalah sistemnya bukan menambahkan waktu sekolahnya."kami berpandangan bahwa fokus perbaikan adalah di sisten pendidikan bukan pada penambahan jumlah waktu di sekolah. Dan fokusnya pada peningkatan kualitas proses pembelajaran," tutur Giwo.

KOWANI sebagai organisasi wanita tertua di Indonesia dan juga konsen terhadap generasi masa depan siap membantu membenahi sistem pendidikan nasional.

"KOWANI siap memberikan masukan yang konstruktif dalam kerangka perbaikan sistem pendidikan nasional," tukas Giwo.

Cecez 2016-08-20