Sign In

x
  • slider
    Image 2
    Image 3
    Image 4
    Image 5
    Image 6
  • slider2
    New System
    Streaming Radio Ready
  • slider3
    Radio For NG People
    NG Radio
    Youth Streaming Station

Malas Mengkonsumsi Sayur dan Buah-Buahan, Ini Akibatnya!

Nextgradio.com - Masih banyak masyarakat indonesia yang tidak sadar akan pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur. Padahal dengan mengkonsumsi buah dan sayur, kita setidaknya dapat mencegah dari penyakit tidak menular.

"Penyakit tidak menular itu lebih dikenal dengan sebutan penyakit degeneratif karena banyak diderita oleh masyarakat yang berusia 50 tahun ke atas," ujar Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan, Doddy Izwardy saat konfrensi pers, di JW Marriott, Jakarta, Kamis (6/10).

Parahnya, kata dia,  penyakit tersebut semakin banyak diderita oleh masyarakat usia muda. Penyakit seperti hipertensi, jantung hingga diabetes banyak diderita masyarakat yang berusia dibawah 35 tahun.

"Penyakit tidak menular tersebut, sebenarnya bisa diantisipasi dengan pola hidup sehat dan konsumsi sayur dan buah. Namun, berdasarkan hasil riset kesehatan dasar, persentase masyarakat yang makan sayur dan buah hanya 10 persen. Dan presentase ini lebih lebih kecil dari pengeluaran mereka untuk membeli rokok sebesar 12 persen," ungkap Doddy.

"Selama ini masyarakat menganggap sepele makan buah dan sayur. Padahal sangat bermanfaat," sambungnya.

Lebih lanjut, Doddy mengungkapkan bahwa 93,5 persen penduduk Indonesia yang berusia 10 tahun ke atas tidak mengkonsumsi sayur dan buah.

Padahal, menurut anjuran Kementerian Kesehatan, anak-anak diusia sekolah wajib mengkonsumsi sebanyak 300 sampai 400 gram sayur dan buah. Sementara orang dewasa itu sebanyak 400 sampai 600 gram per harinya.

Dengan bekerja sama dengan KOWANI sebagai organisasi perempuan tertua dan penggagas konsep ibu bangsa, Kementerian Kesehatan RI berharap bisa merubah pola hidup masyarakat lebih bersih dan sehat.

"Masyarakat harus membiasakan pola hidup sehat yakni mengonsumsi pangan beraneka ragam, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, melakukan aktivitas fisik, dan mempertahankan dan memantau berat badan normal," tutur Doddy.

Cecez 2016-10-06